Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Tentang Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber di Polres Singkawang

32

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Telah dilaksanakan kegiatan Penelitian tentang Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber (Cyber Police) oleh Tim Puslitbang Polri dalam rangka penelitian tentang “Strategi Pengembangan SDM Polri Siber (Cyber Police)” bertempat di Aula SAR Polres Singkawang yang beralamat di Jl. Firdaus Rais II Kota Singkawang, Selasa (27/2/2024).

Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Ketua Tim Kombes Pol.Frans Tjahyono.S.I.K.,M.H., Dirpolhukam BRIN Sdr.M.Nuhasim ( Konsultan ), Kompol Asep Darajat S.H., Penata Tk1 Fajar Istiono.S.T. dan Ipda Kamarudin,

Dalam kegiatan Puslitbang Polri tersebut dihadiri oleh Kapolres Singkawang AKBP. Fatchur Rochman,S.I.K.M.I.K., Waka Polres Bengkayang Kompol Anne Tria Sefyna, S.H., S.I.K., Kabag SDM, Kasat Reskrim dan Anggota Reskrim dari Polres Singkawang dan Polres Bengkayang.

Dalam Sambutannya Kapolres Singkawang AKBP. Fachur Rocman.S.I.K.,M.I.K. menuturkan, “Memanjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa karena atas rahmat dan karunianya kita dapat diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat bersama sama berkumpul ditempat ini, Kami ucapkan selamat datang kepada Kombes Pol.Frans Tjahyono.S.I.K.,M.H. selaku ketua Tim beserta rombongan,

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama yang baik antar satuan wilayah mengenai Polisi Siber, dan Berharap hasil dari penelitian ini dapat menjadi landasan bagi penguatan kinerja Polisi Siber di kewilayahan serta meningkatkan kemampuan penyidik Siber untuk menangani kasus kasus yang lebih efesien, Tuturnya

Sementara itu Ketua Tim Puslitbang Kombes Pol.Frans Tjahyono.S.I.K., M.H. menuturkan, Terimakasih kepada Polres Singkawang yang telah menyambut kedatangan tim kami di Kota Singkawang, “Kegiatan puslitbang berkaitan dengan akan dibentuknya direktorat Cyber di delapan Polda namun Polda Kalimantan Barat belum menjadi salah satu Polda yang dibentuk, namun kami tetap turun ke Polda Kalbar untuk melihat situasi dan kondisi khususnya dari kemampuan, kemudian pengorganisasian dan bagaimana hal hal yang mungkin bisa kita datakan dalam bentuk suatu kajian ilmiah yang kita harapkan tentunya.

“Pembentukan direktorat Cyber sudah mulai tahap harmonisasi,dari 10 Polda yang diusulkan awal kemenpan RB hanya baru Acc 8 Polda, 2 polda yang tidak disetujui yaitu Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan sehingga zona Kalimantan belum ada.

Ini adalah suatu proses perubahan teknologi yang tidak bisa kita hindari, perkembangan zaman jangan sebatas kita nikmati dengan apa yang mungkin menjadi kesenangan kita tetapi jauh dari kewaspadaan kita, Apabila kita melihat era transisi ini adalah perjalanan dimana kita diharapkan untuk lebih waspada karena dengan sendirinya data pribadi kita akan terdeteksi, Pungkasnya.

Penulis Humas Polres Singkawang