Patroli Dialogis Polsek Singkawang Barat Polres Singkawang Jaga Kamtibmas dan Cegah Tindak Pidana

16

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Polsek Singkawang Barat di bawah naungan Polres Singkawang terus meningkatkan upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mencegah tindak pidana melalui patroli dialogis di wilayah hukumnya. Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sekaligus memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat, Senin (10/6/2024).

Kapolsek Singkawang Barat, Kompol Abdul Muthalib melalui Ka Spk Iptu Pamungkas, menjelaskan bahwa patroli dialogis dilakukan secara rutin dan menyeluruh, mencakup berbagai titik strategis di wilayah Singkawang Barat. “Patroli dialogis ini kami lakukan untuk mendengarkan langsung aspirasi dan keluhan masyarakat serta memberikan solusi yang tepat guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujar Iptu Pamungkas.

Patroli dialogis melibatkan personil polsek Singkawang Barat yang secara aktif berinteraksi dengan masyarakat. Dalam patroli ini, personil tidak hanya melakukan pengawasan, tetapi juga memberikan Himbauan tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungan dan waspada terhadap potensi tindak kriminal.

“Melalui patroli dialogis, kami berharap masyarakat dapat lebih terbuka dalam melaporkan segala bentuk kegiatan yang mencurigakan atau potensi kejahatan di sekitar mereka. Ini adalah langkah preventif yang sangat penting dalam menjaga kamtibmas,” tutup Iptu Pamungkas.

Kegiatan patroli juga dilaksanakan dengan pendekatan persuasif dan humanis, di mana personil memberikan edukasi tentang prosedur pengamanan diri dan lingkungan, serta pentingnya kerja sama antara polisi dan masyarakat. Dalam beberapa kesempatan, personil juga memberikan Himbauan tentang bahaya narkoba, pencurian, dan kejahatan lainnya yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar.

Dengan berjalannya patroli dialogis secara konsisten, Polsek Singkawang Barat berharap dapat menekan angka kejahatan dan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh masyarakat. Upaya ini juga menjadi wujud nyata dari komitmen Polres Singkawang dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya.