POLSEK SINGKAWANG SELATAN LATIHAN SIMULASI PADAMKAN API DENGAN MENGGUNAKAN APAR(ALAT PEMADAM API RINGAN)

229

Polda Kalbar Polres Singkawang Polsek Singkawang Selatan.Polsek Singkawang Selatan yang dipimpin oleh wakapolsek Iptu Kendar mengadakan sosialisasi sekaligus latihan simulasi menggunakan alat pemadam kebakaran atau Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Polsek Singkawang Selatan yang dilaksanakan di samping halaman Polsek Singkawang Selatan, Kamis (07/01/2021).

Kegiatan sosialisasi, latihan dan simulasi ini dilaksanakan oleh 3 (tiga) Regu penjagaan piket mako beserta 14 personil lainnya dengan menggunakan 2(dua) buah tabung APAR milik Polsek Singkawang Selatan.Kapolsek Singkawang selatan memerintahkan kepada anggota Polsek untuk melaksanakan latihan simulasi pemadaman Api dengan menggunakan APAR yang ada di Polsek.

“Kegiatan sosialisasi sekaligus simulasi ini kita lakukan dalam rangka melatih anggota Polsek Singkawang Selatan agar memahami dan mengerti cara menggunakan APAR apabila terjadi kebakaran di mako Polsek. Ini tentu sangat penting sekali karena Polsek merupakan tempat pelayanan masyarakat umum,” ujar Kapolsek Singkawang Selatan Iptu Ronald Deny Napitupulu,S.H,M.H.

Pada kesempatan lain Kapolsek Singkawang Selatan mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya melaksanakan simulasi pemadaman Api ini bertujuan antara lain untuk mengecek Isi Tabung APAR apakah masih ada isinya, Agar personil dapat mengetahui cara penggunaan Tabung APAR dan harus berbuat apa, apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan dalam penanganan awal apabila menemukan Api di bagian gedung Mako Polsek .Dan sekaligus pengenalan terhadap APAR, cara menggunakan APAR, dan praktek langsung oleh personel cara menggunakan APAR untuk memadamkan api.Dengan demikian setiap personel Polsek Singkawang Selatan dapat memahami dan menggunakan APAR tersebut bila ada kejadian kebakaran khusus di kantor Polsek Singkawang Selatan sebelum petugas Damkar datang ke Polsek,” katanya.

Menurut Wakapolsek Iptu Kendar yang memimpin simulasi pemadaman Api mengatakan kita butuh antisipasi awal untuk bisa mengetahui secara jelas bagaimana cara mengatasi bahaya kebakaran dan juga jaluran evakuasi untuk menghadapi kebakaran. Karena itu di setiap Polsek wajib menyiapkan APAR atau tabung pemadaman. Bukan hanya di Polsek, tapi APAR juga wajib disiapkan di kantor dinas instansi maupun pelayanan umum lainnya.

“APAR ini fungsinya untuk menolong sementara, misalnya terjadi konsleting listrik, dan kebakaran lainnya,” jelas Iptu Kendar dan menambahkan kenapa dipasangkan APAR di Polsek? Karena ini sangat penting apabila terjadi kebakaran.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi, pelatihan dan simulasi penggunaan APAR ini semua personel Polsek Singkawang Selatan bisa mengetahui dan memahami cara menggunakan APAR ini disaat ada kebakaran. Personel Polsek Singkawang Selatan bisa sigap mengantisipasi kejadian-kejadian kebakaran yang tidak diinginkan.