RAPAT KOORDINASI MENGAWAL PERCEPATAN PENYERAPAN APBD KOTA SINGKAWANG

247

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Pada hari Kamis ( 07/02/2021 ) pukul 08.00 Wib bertempat di Ruang Rapat Walikota Singkawang Jln. Firdaus A. Rais Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi mengawal percepatan penyerapan APBD Kota Singkawang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH, Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si, Sekda Kota Singkawang, Drs.Sumastro, M.Si, Kajari Kota Singkawang, Sinarta Sembiring, SH, Kapolres Singkawang diwakili Kapolsek Singkawang Barat, Kompol Charles Sitorus, SH, Inspektur Daerah, Siti Kodam Mariani.

Paparan Inspektur Daerah sebagai berikut bahwa Tugas Tim Asistensi Penyerapan APBD Kota Singkawang melaksanakan Asistensi percepatan penyerapan APBD secara periodik setiap bulan.

Mengidentifikasi hambatan dan permasalahan yang di hadapi oleh pemerintah Kota Singkawang dalam penyerapan APBD.

Memberikan layanan konsultasi dalam hal terdapat keraguan untuk merealisasikan anggaran oleh perangkat daerah.

Memberikan perlindungan pelaksanaan pekerja di lapangan.

Menyanpaikan laporan secara periodik kepada Walikota dan di tembuskan ke Gubernur dan Menteri Dalam Negeri.

Arahan Walikota Kota Singkawang antara lain bahwa Kegiatan program APBD Kota Singkawang dapat di laksanakan agar tidak keluar jalur dari aturan yang ada sebab itu sangat baik untuk membentuk tim ini.

Agar pada bulan Januari kita sudah dapat menyerap anggaran APBD Kota Singkawang karena perintah dari pusat agar di awal tahun kita dapat menjalankan pembangunan secepat mungkin.

Arahan Wakil Walikota Singkawang antara lain bahwa Kami apresiasi gagasan pembentukan tim Asistensi penyerapan anggaran yang di laksanakan oleh tim antar  instansi guna mengawal pelaksanaan APBD agar betul-betul dapat dilaksanakan.

Tim akan melakukan tugas-tugasnya yang tentu akan terjadi komunikasi dua arah antara tim dan pelaksanaan APBD Kota Singkawang.

Perlu nantinya evaluasi dan penguatan dari tim agar terhindar dari kesalahan kesalahan yang nantinya apa bila terjadi.

Arahan Kajari Kota Singkawang antara lain bahwa Kami bekerja disini apabila ada laporan atau pengaduan tentu kami selaku penegak hukum akan melakukan upaya hukum.

Kadang kita masih belum paham adanya pelanggaran admnistrasi dan mana yang di ranah hukum pidana.

Pada intinya kami dari Kejaksaan sangat setuju sekali dari Pemerintah untuk membentuk tim, salah satunya yang menjadi penghambat adalah preman yang menggnggu pelakasanaan proyek pembangunan.

Arahan Kapolsek Singkawang Barat antara lain bahwa kami Tetap mengawal pelaksanaan pembangunan di Kota Singkawang, tetapi perlu adanya pengawasan ketingkat bawah sehingga pengawasan dapat dilaksanakan dengan baik dan masih banyak juga yang belum paham antara tindakan administrasi dan pelanggaran Hukum dalam pelaksanaan pembangunan nantinya jika ada permasalahan.

Arahan Sekda Kota Singkawang antara lain bahwa Tujuan kita adalah membentuk tim ini agar semua instansi terkait dapat melihat dan ikut serta dalam pengawasan APBD di Kota Singkawang.

Tahun ini perintah dari pusat agar bulan Februari kita sudah dapat menjalankan pembangunan di daerah masing-masing.

Kesimpulan hasil rapat bahwa tentu dengan adanya rapat hari ini semoga sesuai dengan time line yang kita buat.

Segera bentuk tim Pengawasan ABPD supaya kita bisa cepat bergerak untuk pembangunan Kota Singkawang.