Polres Singkawang Menggelar Kegiatan Kasat Kamling Dalam Rangka Mengoptimalisasikan Peran Awak Satkamling Dalam Mengemban Fungsi Kepolisian Terbatas

17

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Sat Binmas Polres Singkawang mengadakan kegiatan Kasat Kamling yang bertujuan untuk mengoptimalkan peran awak Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam menjalankan fungsi kepolisian terbatas, Kegiatan ini di Gelar di Aula Sarja Arya Racana Polres Singkawang, Selasa (11/6/2024)

Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara swakarsa, Acara yang digelar di Polres Singkawang ini dihadiri oleh perwakilan Satkamling sekota Singkawang.

Dalam sambutannya, Kapolres Singkawang melalui AKP Supiyanto menekankan pentingnya kolaborasi antara polisi dan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas, “Keamanan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, Dengan adanya Satkamling yang terlatih dan terorganisir, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh warga,” Ucapnya
Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para anggota Satkamling yang telah berkontribusi dalam menjaga keamanan di wilayah masing-masing,

Kegiatan ini meliputi pelatihan keterampilan dasar kepolisian terbatas, Penyampaian Materi dari fungsi Intelkam, Satlantas, Narkoba, Samapta dan fungsi Binmas, Selain itu diberikan pula materi mengenai etika dan hukum dalam pelaksanaan tugas Satkamling, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Satkamling agar lebih efektif dalam menjalankan peran mereka sebagai perpanjangan tangan kepolisian di tengah masyarakat.

Selain pelatihan teknis, acara ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara anggota Satkamling dan aparat kepolisian. Diskusi tersebut membahas berbagai isu keamanan lokal serta mencari solusi bersama untuk tantangan yang dihadapi di lapangan. Hal ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat serta meningkatkan koordinasi dalam upaya menjaga Kamtibmas.

Dengan adanya kegiatan ini, Polres Singkawang berharap peran Satkamling dapat lebih dioptimalkan dalam memelihara Kamtibmas secara swakarsa. AKP Supiyanto menegaskan komitmen Polres Singkawang untuk terus mendukung dan membina Satkamling. “Kami akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan agar Satkamling dapat berfungsi secara maksimal dalam menjaga keamanan lingkungan,” tutupnya Kegiatan Kasat Kamling ini diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengimplementasikan konsep keamanan swakarsa yang efektif dan berkelanjutan.

Penulis : Humas Polres Singkawang.