RAPAT KOORDINASI PENANGANAN COVID-19 TINGKAT KECAMATAN SINGKAWANG BARAT

122

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Pada hari Kamis ( 10/06/2021 ) pukul 09.20 Wib s/d 10.45 Wib, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi penanganan Covid 19 di Wilayah Kec. Singkawang Barat bertempat di Aula Kantor Camat Singkawang Barat Jl. Ismail Tahir Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat.

Hadir dalam kegiatan adalah Camat Singkawang Barat LUKAS SUHARYADI, S.Sos, Kapolsek Singkawang Barat KOMPOL CHARLES SITORUS, SH, Danramil Kota Singkawang yang diwakili KOPTU MOHAMMAD KURDI, Sekertaris Camat Singkawang Barat EDY PRAWOKO, SH, Kepala UPT Puskesmas Singkawang Barat II R. HENDRI APRIANTO, M.P.H bersama staf, Kepala UPT Puskesmas Singkawang Barat I yang diwakili Kasubag Keperawata Ibu EMY, Ps. Panit 2 Intelkam Polsek Singkawang Barat, Kanit Binmas Polsek Singkawang Barat Iptu Zamsu Rizal dan Panit I Binmas Polsek Singkawang Barat IPDA SUBAGYA PAMUNGKAS, Lurah Sekecamatan Singkawang Barat dan Bhabinkamtibmas se Kecamatan Singkawang Barat.

Susunan kegaiatan diawali dengan Sambutan Sekretaris Camat Singkawang Barat selaku Moderator, dilanjutkan dengan Sambutan Camat Singkawang Barat, kemudian Sambutan dari yang mewakili UPT. Puskesmas Singkawang Barat I Ibu Emi, Sambutan Kapolsek Singkawang Barat dan Sambutan dari Kepala UPT Puskesmas Singkawang Barat II R. HENDRI APRIANTO, M.P.H

Camat Singkawang Barat LUKAS SUHARYADI, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa menyangkut Posko PPKM yang ada di kelurahan diharapakan kepada lurah dan bhabinkamtibmas untuk memberikan penjelasan kegunaan posko PPKM yang di bentuk mengingat posko PPKM kita yang telah di kunjungi Forkopimda Singkawang hanya symbolis saja namun kita harapkan kedepan memaksimalkan fungsi dari posko di maksud.

Terkait masalah dukungan materil pembentukan posko yang sudah saya tanyakan langsung ke Walikota belum di dukung untuk itu kami dari pihak Satgas akan berupaya semaksimal mungkin mengingat Covid-19 ini merupakn bencana Nasional.

Untuk kegiatan tresing saya harapkan adanya kerja sama yang baik antar petusgas yang tergabung dalam satgas Covid-19 tingkat Kecamatan.

Masih ada keraguan terhadap penetapan zona merah khususnya wilayah Kecamatan Singkawang Barat karena status yang telah ditetapkan oleh Diskes hasil data yang di dapat masih belum bisa di katakan zona merah.

Sambutan dari yang mewakili UPT. Puskesmas Singkawang Barat I Ibu Emi mengatakan bahwa Form yang telah disampaikan oleh Bapak Kapolsek isinya tidak jauh berbeda dengan Form dari Dinas Kesehatan perihal latar belakang serta identitas suspek Covid-19.

Kami dari pihak Puskesmas sudah melakukan upaya trecing yang di tuangkan di dalam form dari Dinas Kesehatan bahwa apabila ada suspek yang terkonfiemasi maupun ada warga yang kontak erat dengan suspek Covid-19 maka kami melakukan edukasi terhadap suspek.

Kami dari pihak UPT. Puskesmas Singkawang Barat 1 untuk siap melakukan koordinasi dan kerja sama terkait upaya 3 T terhadap warga yang terkonfirmasi.

Kapolsek Singkawang Barat KOMPOL CHARLES SITORUS, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa Situasi perkembangan Covid-19 khususnya di Kecamatan Singkawang Barat semakin meningkat maka dari itu mohon kepada kita semua untuk menjaga kesehatan di lingkungan keluarga.

Dalam upaya pencegahan kami dari Pihak Kepolisian setiap malam telah melakukan upaya himbauan kepada warga di cafe cafe dan warung kopi khususnya yang menjadi atensi adalah di warung kopi depan Masjid Raya, belakang Pekong tua, cafe Aming dan masih banyak lagi.

Ada salah satu upaya kita jika memang disepakati oleh Satgas Kecamatan untuk memberikan efek detren kepada cafe atau warkop dalam upaya pencegahan dengan memberlakukan PPKM Mikro, dengan waktu jam oprasional, di samping itu kepada pelaku usaha yang tidak mentaati prokes, dengan membuat surat pernyataan sehingga pemilik merasa ada terikat pernyataan sehinga diharapkan bagi pemilik dapat mengindahkan batas waktu jam oprasional di masa pandemi covid-19.

Diharapkan ada kerjasama kita khususnya dalam melakukan kegiatan trecing untuk turun bersama 3 pilar dan pihak puskesmas.

Didalam trecing dari pihak Bhabinkamtibmas mengalami kesulitan melakukan trecing khususnya masalah Nakes untuk itu diharapkan kepada Kepala UPT Puskesmas memerintahkan nakesnya untuk memberikan tugas khusus melakukan trecing sehingga kegiatan trecing dapat dengan segera kita laksanakan karena selama ini nakes yang melakukn trecing merangkap dengan tugas lain.

Perihal dengan kegiatan masyarakat berupa kegaiatan yang dapat menimbulkan kerumunan dimohon kepada lurah dan bhabinkamtibmas dapat memberikan edukasi perihal prokes kegiatan selanjutnya kepada penanggung jawab untuk membuat surat pernyataan yang isinya untuk menaati prokes yang telah ditetapkan Pemerintah.

Masukan dan saran dari Kepala UPT Puskesmas Singkawang Barat II R. HENDRI APRIANTO, M.P.H bahwa Untuk data trecing yang di minta oleh Kepolisian kami siap untuk memberikan form karena form kami sudah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan.

Untuk kegiatan trecing kami dari pihak Puskesmas apabila ada warga yang melakukan sweeb maka kami menunggu hasil sweeb dan jika hasil sweeb dinyatakan terkonfirmasi positif maka barulah kami dari Puskesmas melakukan trecing terhadap suspek.

Selama Kegiatan berlangsung situasi terpantau Aman dan Tertib.