KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

174

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Pada hari Jum’at ( 12/03/2021 ) pukul 20.00 Wib, telah dilaksanakan kegiatan keagamaan yakni peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Isra Mi’raj kali ini mengambil Tema “Dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, kita tingkatkan sholat berjamaah”.

Kegiatan dilaksanakan di Masjid Jami At – Taqwa alamat Jl. R.A Kartini Kel. Sekip lama Kec. Singkawang Tengah.

Ketua panitia penyelenggara / Ketua Mesjid Jami At – Taqwa Sdr. Islam Pribadi HP. 081352019504

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala KUA Kecamatan Singkawang Tengah Mus Munthalib, S.Ag, Pimpinan Ponpren Yasti, Asti Baharudin, SH, Ketua Yayasan Yasti, Mahmudi, S.Ag, Kepala Madrasah MA Yasti, Sarkanuyono, S.Ag, Ketua Mesjid Jami At – Taqwa, Islam Pribadi, Para Tokoh Agama Kelurahan Sekip lama, 2 ( dua ) personil anggota Intelkam Polsek Singkawang tengah, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sekip Lama Brigpol. Andi Chatibi, Para Jema’ah masyarakat sekitar yang berjumlah kurang lebih 120 orang

Adapun acara diawali dengan Pembukaan oleh pembawa acara, kemudian Pembacaan Kalam Illahi.

Sambutan Ketua Mesjid Jami At – Taqwa dilanjutkan dengan Acara inti peringatan Isra Mi’raj Tausiah dari Ustadz Mahawi, Do’a dan Penutup.

Isi Ceramah / Tausiyah dari Ustadz Mahawi antara lain bahwa setiap orang yang melakukan kebaikan / ibadah pada hari Jum’at dan malam Jum’at maka Allah akan memberi Kebaikan sebanyak 70 x lipat misalnya dengan membaca Al – Qur’an atau dengan membaca Yasin.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad SAW merupakan peristiwa yang luar biasa dan tidak boleh dilupakan dengan memperlihatkan kekuasaan Allah SWT kepada Rasulullah dan umat manusia.

Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Allah ingin memberikan pesan bahwa manusia wajib menunaikan Ibadah Shalat 5 waktu.

Memperingati Isra Mi’raj merupakan bukti bahwa kita sayang kepada Nabi, karena yang kita laksanakan pada hari ini adalah untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam yang merupakan peristiwa perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam.

Isra’ berarti perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem menggunakan Buraq.

Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi ke Sidratul Muntaha bersama Malaikat Jibril.

Nabi Muhamad SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan sepanjang masa, saat ini dunia dan isinya mengalami berbagai cobaan, namun dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT lah yang dapat membuat umat manusia tetap berada dalam lingkaran yang aman dan penuh berkah.

Kalau ingin kita selamat dunia dan akhirat mari kita ikuti tauladan Rasulullah agar kelak kita meninggal nanti dalam keadaan khusnul khotimah.

Isra dan mi’raj adalah mu’jizat illahiyah dan dengan peristiwa Isra dan Mi’raj inilah, diantaranya Allah SWT memperlihatkan mana orang yang benar‑benar beriman, dan mana pula yang hanya sekedar mengaku beriman, dan menjadi kafir setelah mendapat ujian dari Allah, serta masih banyak lagi berbagai hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik dari peristiwa Isra dan Mi’raj ini.

Kegiatan berakhir pada pukul 21.21 Wib, situasi terpantau aman.