APEL GABUNGAN PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN / KARHUTLA TAHUN 2021

63

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Pada hari Rbu ( 10/03/2021 ) pukul 09.00 Wib, bertempat di halaman Kantor Camat Singkawang Timur Jl. Raya Singkawang – Bengkayang no. 22 Rt. 01 Rw. 2 Kel. Nyarumkop Kec. Singkawang Timur, telah dilaksanakan kegiatan apel gabungan pencegahan kebakaran hutan dan lahan / Karhutla tahun 2021.

Sebagai petugas Inspektur / Pembina Upacara adalah Bapak Camat Singkawang Timur ( didampingi oleh Kapolsek Singkawang Timur dan Danramil 08 / Sedau ), sebagai Komandan Upacara adalah Bapak Parudiman ( staf Kantor Kecamatan ), sebagai Pembawa Acara adalah Ibu Putri dan Pembaca do’a adalah bapak Karwono.

Hadir dalam kegiatan yakni Kapolsek Singkawang Timur, Danramil 08 / Sedau, Ketua BPKS Pasar Kulor, Kepala Satuan Manggala Agni, Para Lurah se Kecamatan Singkawang Timur dan
Para Bhabinkmatibmas Kec. Singkawang Timur, Para Babinsa Kec. Singkawang Timur, para Ketua Rt. se Kec. Singkawang Timur dan oara Kasi / Staf Kec. Singkawang Timur.

Adapun susunan upacara diawali dengan Pemimpin apel memasuki lapangan upacara, kemudian Pembina Apel memasuki lapangan upacara ( didampingi Kapolsek dan danramil ), dilanjutkan Pengormatan dan Laporan.

Amanat pembina apel, kemudian Pembacaan Do’a.

Selanjutnya Pengecekan pasukan dari Pembina Apel ( didampingi oleh Kapolsek dan Danramil )

Kemudian Laporan bahwa apel telah selesai kemudian Pengormatan kepada Pembina Apel.

Apel selesai Pembina Apel meninggalkan lapangan Apel.

Pemimpin apel membubarkan pasukan dan dilanjutkan dengan Foto bersama

Peserta Apel adalah Peleton BPKS Pasar Kulor, Peleton ASN Kecamatan Singkawang Timur, Peleton gabungan para Ketua RT, Peleton Gabungan TNI-POLRI dan Pleton Manggala Agni

Adapun amanat yang disampaikan oleh Pembina Apel antara lain adalah mengucapkan Puji sukur dalam kegitaan Apel ini kita masih diberi kesehatan oleh Tuhan yang maha esa.

Dalam kegiatan ini merupkaan apel bersama yang pertama di tahun 2021.

lermasalahan Karhutla memang merupakan atensi Presiden dalam 6 arahan Presiden atau prioritas dalam masalah Karhutla.

Untuk tahun kemarin dengan minim terjadinya karhutla di Kec. Singkawang Timur kita cukup bangga.

Bahwa UU No. 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup dan Pergub No. 103 tahun 2020 tentang Karhutla atau pembukaan lahan dengan pembakaran dan mengakibatkan kebakaran luas diancam dengan hukuman tahanan 3 sampai 10 tahun khusus untuk perorangan.

Saya harapkan 3 pilar agar tetap monitor tempat-tempat lahan yang rawan terjadinya Karhutla yang penting pencegahan walaupun dengan cara manual.

Sekarang untuk alat sudah tersedia dan saya ucapkan terima kasih terhadap sinergitas Bhabinlmatibmas, Lurah dan Babinsa yang tetap solid.

Dalam apel ini saya jelaskan tidak ada anggraan tapi nanti kita ajukan kembali dan kegiatan tetap kita jalankan karena karhutla menimbulkan dampak yang sangat luas terhadap kesehatan dan ekonomi terutama hubungan ke Negara tetangga, jadi saya harapkan para penegak hukum agar tetap tegakkan hukum ( proses ) dan saya himbau kepada masyarakat Kec. Singkawang Timur harus patuh hukum tidak sembarangan membakar hutan / lahan.

Saya beri apresiasi kepada manggala agni yang sudah siap alat dan pasukan dalam karhutla ditahun ini dan harapan saya agar pak Lurah menyiapkan alat2 penanggulangan bencana karhutla walaupun tidak di pakai tapi kita tetap harus siap.

Kegiatan berakhir pada pukul 10.20 wib,  Selama kegiatan berlangsung situasi aman.