RAPAT KESEPAKATAN BERSAMA DAN PRESS RELEASE WALIKOTA SINGKAWANG DALAM RANGKA PELAKSANAAN CAP GO MEH 2021 DI KOTA SINGKAWANG

200

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Pada hari Senin ( 22/02/2021 ) pukul 20.20 Wib telah dilaksanakan kegiatan Rapat kesepakatan bersama dan Press Release Walikota Singkawang terkait pelaksanaan Cap Go Meh 2021 di Kota Singkawang.

Kegiatan rapat dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Singkawang alamat Jl. Pelita Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat.

Hadir dalam kegiatan antara lain Walikota Singkawang Tjhai Cui Mie, SE, MH, Kapolres Singkawang AKBP. Prasetiyo Adhi Wibowo, SIK, MH, Dandim 1202/Skw Lelkol. Inf. Condro Edi Wibowo, S.Sos, M.Han, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang Drs. H. Heri Apriadi, M.Si, Kepala Kementrian Agama Kota Singkawang HM. Natsir, S.Ag, M.Ag, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kota Singkawang Drs. Ahyadi, MM, Kasi Bimas Budha Kemenag Kota Singkawang Warsito, S.Ag, Ketua Umum Panitia Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2021 Tjhai Leonardi, Ketua Panitia Pelaksana Imlek dan Cap Go Meh tahun 2021 Bun Cin Thong.

Selain itu hadir pula Ketua Keluarga Besar Umat Tri Dharma (KBUT) Bong Wui Kong, Majelis Rohaniawan Tri Dharma Indonesia (MATRISIA) Suyono Adisaputra, Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Drs. Budiman, Majelis Tao Indonesia (MTI) Ng Sau Cung, Majelis Agama Budha Tri Dharma (MARGABUTRI) Edilius Sean, Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Tjhia Ki Tho, Perhimpunan Tempat Ibadah Tri Dharma (PTITD) Benny Setiawan, dan Ketua Koordinator Rohaniawan/Tatung Bong Hon Kiun.

Acara diawali dengan Pembukaan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Singkawang yang dilanjutkan dengan Sambutan Walikota Singkawang.

Sambutan Kapolres Singkawang dan dilanjutkan Sambutan Dandim 1202/Skw.

Acara kemudian membahas dan Perumusan Kesepakatan Bersama, dilanjutkan Penandatanganan kesepakatan bersama dan Press Release Walikota Singkawang

Kesepakatan bersama Walikota Singkawang dengan Kepala Kepolisian Resor Kota Singkawang, Komandan Kodim 1202/Skw, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Ketua Panitia Pelaksana Imlek Dan Cap Go Meh 2021 beserta 8 (Delapan) Majelis Keagamaan Kota Singkawang berbunyi :

  1. Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Nomor 443.1/0111/Tahun 2021 tanggal 8 Januari 2021 tentang Pembatasan kegiatan nasyarakat dan pelarangan sementara perayaan Cap Go Meh untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Barat serta hasil kesepakatan rapat Pelaksanaan Kegiatan Imlek 2572 dan Cap Go Meh 2021 tanggal 22 Januari 2021 dan tanggal 26 Januari 2021 mengenai penegakan Surat Edaran Gubernur dimaksud, maka dengan ini kami yang bertandatangan dibawah ini sepakat :

a. Pada tanggal 26 Februari 2021 yang merupakan Hari Cap Go Meh, di Kota Singkawang tidak dilaksanakan Festival Cap Go Meh sebagaimana tahun-tahun normal sebelum Covid-19 melanda Kota Singkawang.

b. Tidak adanya konvoi Tatung, Naga, Barongsai dan sejenisnya (yang membawa tandu, alat bunyi-bunyian, serta personil) yang mengundang keramaian.

c. Ritual Keagamaan tetap diizinkan untuk dilaksanakan oleh para Rohaniawan/Tatung, khususnya mulai tanggal 25 Februari 2021/ tanggal 14 bulan 1 tahun 2572 di Altar/Shin Than/Klenteng/Cetia/Vihara masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan.

d. Pelaksanaan Ritual pada hari Cap Go Meh oleh para Rohaniawan/Tatung pada tanggal 26 Februari 2021/ tanggal 15 bulan 1 tahun 2572 dilaksanakan di Altar/Shin Than/Klenteng/Cetia/Vihara masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan hingga pukul 11.30 Wib.

e. Menghimbau umat untuk berdo’a dirumah dan wilayah masing-masing.

  1. Kesepakatan ini berlaku mulai tanggal 22 Februari 2021 hingga tanggal 26 Februari 2021.
  2. Umat dan Para Rohaniawan khususnya untuk dapat memaklumi kesepakatan ini.

Press Release Walikota Singkawang Tentang Cap Go Meh 2021

Pemerintah Kota Singkawang menghimbau kepada seluruh Umat Kong Hu Chu dalam melaksanakan ritual Cap Go Meh agar mematuhi Surat Edaran Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Nomor 443.1/0111/Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Pelarangan Sementara Perayaan Cap Go Meh untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Barat;

Berdasarkan kesepakatan bersama Kapolres, Dandim, Kemenag Dan Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang dan Pemerintah Kota Singkawang Kembali Menegaskan Bahwa Untuk Tahun Ini, Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang DITIADAKAN, Sehingga tidak diperkenankannya Arakan Tatung beserta Tandu, Rombongan yang Membawa Alat Bunyi-Bunyian Serta Naga, Barongsai dan Lainnya yang Mengundang Keramaian/Berkumpulnya Masyarakat;

Untuk Ritual Cap Go Meh Tetap diperbolehkan Selama Mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dan mentaati Hasil Kesepakatan Rapat Serta Kesepakatan Bersama Yang Ditandatangani;

Menghimbau kepada para Pengunjung/Wisatawan yang Ingin Berlibur di Kota Singkawang Agar Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 dan Ketentuan yang berlaku;

Apabila ditemukan adanya Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19, maka Satgas Penanganan Covid-19 Kota Singkawang akan melakukan Penertiban dan Penegakan Hukum melalui Tim Penegakan Hukum Terpadu Terdiri dari Satpol. PP dan Unsur TNI/Polri;

Kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Singkawang mari tetap mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan disetiap aktivitas sehari-hari, yaitu dengan selalu mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker dan tetap menjaga jarak.

Kegiatan Rapat Kesepakatan Bersama dan Press Release Walikota Singkawang Terkait Pelaksanaan Cap Go Meh 2021 di Kota Singkawang selesai pukul 22.00 Wib situasi aman, tertib dan lancar.