Satuan Binmas polres Singkawang bersama Bhabinkamtibmas Ikuti Zoom Meting Pelatihan Tracer Covid-19

44

Polda Kalbar Polres Singkawang Sat Binmas Polres Singkawang, pada hari kamis tanggal (18/02/2021), telah dilaksanakan kegiatan Zoom Meting.

Dalam melaksanakan tugas para Bhabinkamtibmas secara terarah dan terukur maka dilakukannya Zoom meeting secara serentak dan dilakukan di rungan Binmas Polres Singkawang

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Binmas Iptu Supiyanto beserta Kanit Binmas, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Singkawang untuk melaksanakan pelatihan sebagai tracer Covid-19 atau Tracer Zoom Meting secara Online oleh Baharkam Mabes Polri dan Tim Pusat Pelatihan Kesehatan Jakarta sebagai upaya menekan pandemi covid-19.

Kasat Binmas mengatakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan garda terdepan TNI-Polri yang berhubungan langsung dengan masyarakat. untuk itu Pelatihan tracer Covid-19 mempunyai tujuan dalam pembentukan kampung tangguh Nusantara khususnya di Kota Singkawang dan pembatasan PPKM Mikro yang lebih kecil dan mengena kepada warga yang dimulai dari tingkat Rt/Rw dan seterusnya maka diperlukan kerjasama antara 3 pilar yang solid.
Dalam pelatihan ini terdapat strategi tracing, dicontohkan bila satu orang diketahui terpapar Covid-19, maka dalam 72 jam, harus ditelusuri dan diketahui 30 orang yang pernah kontak erat dengan penderita dan dilakukan tes usap antigen terhadap 30 orang itu. Pengetesan jenis antigen dipilih karena bisa dilaksanakan di daerah-daerah serta hasil tes yang bisa diketahui lebih cepat.
Sebagai tracer, nantinya para Bhabinkamtibmas dan Babinsa berperan melacak orang-orang yang terinfeksi dan menemukan 30 orang yang kontak erat dengan penderita melalui strategi 3T (testing, tracing dan treatment) yang bekerja sama dengan puskesmas.
Mari kita bersama-sama mendukung program pemerintah terkait pelaksanaan PPKM Mikro dan pemberlakuan Kampung Tangguh serta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang ungkap Kasat Binmas Polres Singkawang.