TATAP MUKA MENJALIN SILATURAHMI DAN KOORDINASI MELAKUKAN PENDEKATAN,j Jo 8 PEMBINAAN DAN PENYULUHAN KAMTIBMAS DENGAN TOMAS DAN TODAD

214

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Pada hari Rabu ( 27/01/2021 ) pukul 09.30 Wib s/d 10.30 Wib, telah dilaksanakan kegiatan tatap muka menjalin silaturahmi dan Koordinasi melakukan pendekatan, pembinaan dan penyuluhan kamtibmas dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Kegiatan silaturahmi dilaksanakan dalam rangka membangun kesepahaman dan kesadaran masyarakat bahwa FPI dan kelompok sejenisnya bertentangan dengan 4 Pilar Kebangsaan ( Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI).

Melakukan himbauan agar mendukung upaya-upaya pemerintah untuk mencegah, menekan dan memutus mata rantai dan pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Mendukung upaya Pemerintah guna memembangun kepercayaan terhadap Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas sehingga terciptanya situasi yang aman sejuk tertib dan nyaman di Kota Singkawang.

Kegiatan silaturahmi dilaksanakan bertempat di Kantor Advokad / Pengacara Bambang Setiadi, S.H yang terletak di Jalan Pelita Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang.

Dan di SMP Bruder Singkawang Jalan P. Diponegoro Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang.

Pelaksana kegiatan adalah Kasat Binmas Polres Singkawang Iptu. Supiyanto bersama dengan 7 orang anggota Sat Binmas Polres Singkawang

Dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas Polres Singkawang memberikan himbauan dan penyuluhan Kamtibmas seperti Himbauan penerangan dan pencerahan kepada Tokoh masyarakat dan Dewan Adat Dayak tentang latar belakang dan alasan SKB Mendagri, Menkum dan Ham, Menkomimfo, Jaksa Agung, Kapolri dan KA BNPT tentang larangan kegiatan, penggunaan simbol dan atribut serta penghentian kegiatan Front Pembela Islam (FPI).

Menghimbau membangun legitimasi SKB dengan merangkul dan mengajak para Tomas, Toga, Todat dan Toda serta seluruh elemen masyarakat untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah yang dituangkan dalam bentuk Video pernyataan atau dukungan yang alami / natural tanpa dibuat-buat atau terkesan membaca teks yang diarahkan serta membuat bentuk-bentuk kreatif lainnya, baik dalam media cetak maupun digital untuk diviralkan.

Menghimbau agar mendukung kegiatan penertiban simbol-simbol FPI bersama fungsi Polri lainnya yang mengedepankan Sat Pol PP serta dibantu oleh TNI dan unsur-unsur lain dengan cara cipta kondisi dititik penertiban sehingga tidak terjadi penolakan atau perlawanan masyarakat, justru masyarakat atau eks anggota FPI sendiri yang menertibkan simbol-simbol tersebut dengan penuh kesadaran.

Menghimbau untuk mendukung upaya-upaya Pemerintah dalam mencegah, menekan dan memutus mata rantai dan Pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 serta penerapan Disiplin Dan penegakan hukum protokol Kesehatan di Kota Singkawang dan mendukung TNI / POLRI dan Pemerintah Kota Singkawang dan Gugus Tugas Satgas Covid 19 dalam penertiban terhadap kerumunan massa.

Ucapan terimakasih Kasat Binmas Polres Singkawang kepada Bambang Setiadi, Tokoh masyarakat Bapak Bambang Setiadi S.H selaku Ketua KONI Singkawang dan Advokat / Pengacara dan Tokoh Adat Bapak Drs. Stepanus selaku Dewan Adat Dayak Kota Singkawang yang selama ini telah bekerjasama dengan Pihak Kepolisian dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, tertib, sejuk dan nyaman di Kota Singkawang, ‚ÄúPolisi tidak dapat bekerja maksimal tanpa dukungan dari masyarakat dan Instansi terkait”.