Kapolsek Singkawang Selatan Lakukan Penyuluhan Kepada Siswa Baru Di SMA Negeri 8 Singkawang

16

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Telah dilaksanakan penyuluhan bagi siswa baru di SMA Negeri 8 Singkawang. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan tema Sosialisasi PPKSP dan Kenakalan Remaja. Bertempat di aula sekolah yang beralamat di Jl. Sagatani Nek Cateng Kelurahan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang, Rabu (10/7/2024).
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya menjaga perilaku yang baik serta menghindari kenakalan remaja.

Hadir dalam acara tersebut Plt. Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Singkawang, Khuswati, S.Pd., beserta staf, Kapolsek Singkawang Selatan AKP R. Moh. Walidu, S.H., serta beberapa anggota kepolisian lainnya seperti Bhabinkamtibmas Kel. Pangmilang Aipda Iswan. S, Bhabinkamtibmas Kel. Sijangkung Aipda Kusuma, Bhabinkamtibmas Kel. Sagatani Bripka Juniardi, dan anggota Unit Binmas Polsek Singkawang Selatan Aipda Deni. R. Siswa baru yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 131 orang.

Dalam penyuluhannya, Kapolsek Singkawang Selatan AKP R. Moh. Walidu, S.H., memberikan beberapa himbauan penting kepada para siswa. Beliau menekankan pentingnya mengikuti program pembelajaran dengan baik agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan optimal hingga siswa menamatkan pendidikan dengan predikat yang baik. Selain itu, beliau juga mengingatkan siswa untuk menghindari pergaulan yang tidak baik, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, agar tidak terjerumus dalam perilaku yang merugikan diri sendiri.

Kapolsek juga menyoroti bahaya penyalahgunaan narkoba, dengan penegasan bahwa siapa pun yang terindikasi menyalahgunakan narkoba dapat dikenakan sanksi pidana. Tidak kalah penting, beliau juga mengingatkan tentang bahaya bullying, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Bullying dapat merugikan diri sendiri dan pelakunya dapat diancam dengan pidana, Tuturnya

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para siswa tampak antusias dalam mengajukan pertanyaan, yang menunjukkan keseriusan mereka dalam memahami materi yang disampaikan. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan siswa baru SMA Negeri 8 Singkawang dapat menjalani masa sekolah dengan lebih baik dan terhindar dari berbagai perilaku negatif.

Penulis Humas Polres Singkawang