PENGECEKAN SITUASI DAN JUMLAH TAHANAN OLEH PIKET BARU JAGA TAHANAN SATSAMAPTA, KA SPKT DAN ANGGOTA PROPAM POLRES SINGKAWANG

24

Polda Kalbar Polres Singkawang Satsamapta – Pada hari ini selasa (04/10/2022) anggota Satsamapta Polres Singkawang melaksanakan pengecekan jumlah tahanan dan kondisi ruang tahanan oleh piket jaga tahanan yang baru bersama piket Provos dan Ka SPKT Polres Singkawang.

Dalam pengecekan tahanan Ka SPKT selalu memberikan arahan kepada Petugas jaga tahanan yang baru untuk selalu waspada dan siaga dalam menjalankan tugasnya menjaga tahanan dan tetap di memperhatikan kesehatan tahanan dan keselamatan petugas.

Hal itu dilakukan sebagai wujud rasa kepedulian kepolisian dalam memberikan hak kepada tahanan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan perlakuan yang layak sesuai dengan HAM di indonesia.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh para tahanan terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan. Seperti tidak boleh adanya barang-barang yang dapat membahayakan jiwa para tahanan dan petugas atau barang-barang lainnya yang dilarang dibawa ke dalam ruang tahanan.

Yang menjadi sasaran dalam pengecekan tersebut antara lain jumlah tahanan dan kesehatan tahanan, keamanan dalam sel tahanan, pengecekan pakaian para tahanan dan pengecekan benda-benda yang di larang berada dalam Sel tahanan, seperti benda tajam, besi-besi, korek api dan benda berbahaya lainnya.